Kompas Brunton

Sejarah Singkat

Brunton, nama yang dikenal di seluruh dunia, terkenal dengan kualitas tinggi, penggunaan yang kuat, dan akurasi yang presisi. Didirikan pada tahun 1895 oleh David W. Brunton, seorang ahli geologi dan insinyur pertambangan kelahiran Kanada, dan William Ainsworth, seorang tukang reparasi, firma ini paling terkenal dengan produk awalnya, Brunton Pocket Transit, sebuah kompas dan alat ukur yang digunakan oleh para ahli geologi, rimbawan, surveyor, dan arkeolog. Sering hanya disebut "Brunton" karena dampaknya terhadap industri, Transit Saku pertama kali dipatenkan pada tahun 1894 oleh David Brunton, yang menugaskan William Ainsworth & Sons untuk memproduksi penemuannya di Denver, Colorado. Perusahaan ini kemudian dimasukkan sebagai William Ainsworth Inc. dan selama bertahun-tahun memproduksi Pocket Transit bersama dengan survei transit, theodolites, dan instrumen lainnya. Kemudian, perusahaan berpindah tangan berkali-kali dan pada satu titik bahkan dimiliki oleh perusahaan saingannya Silva. Sekarang bermerek kembali sebagai Brunton Inc, dengan manufaktur sekali lagi ditarik kembali ke AS. Brunton terkenal karena memproduksi beberapa klinometer kompas, navigasi, dan instrumen survei berkualitas tinggi di dunia.

Fungsi Komponen
Nah sekarang saya akan menjelaskan secara rinci fungsi dari komponen kompas brunton 5008. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah :




  1. Compass Needle adalah jarum kompas yang fungsinya untuk menunjukkan arah azimuth mata angin.
  2. Verner For Vertical Angles merupakan panel arah yang menunjukkan sudut kemiringan secara vertikal mulai dari 0° sampai dengan 90°.
  3. Needle Lift Pin merupakan skrup pengunci yang fungsinya untuk mengunci jarum kompas saat sudah menentukan arah azimut.
  4. Round Level (Bull Eyes) merupakan tabung yang berfungsi untuk menentukan kedataran bidang secara horizontal.
  5. Wind direction merupakan arah mata angin yang menunjukan arah Utara (N), Timur (E), Selatan (S), dan Barat (W).
  6. Long Level (Clinometer) merupakan tabung yang berfungsi untuk menentukan kedataran bidang secara vertical.
  7. Indek Pin (Arah Azimuth) merupakan angka yang menunjukkan dalam sekala derajat 0° sampai dengan 360°.
  8. Mirror (Cermin) digunakan untuk memantulkan gambaran yang ada di dalam kompas saat pengukuran kemiringan bidang dan juga memantulkan target tembak pada Kompas.
  9. Mirror Line merupakan garis yang digunakan untuk menembak target pada saat pengukuran azimuth Kompas .
  10. Mirror Hole merupakan lubang kedua yang digunakan untuk menembak target pada saat pengukuran kemiringan.
  11. Large Sight merupakan lubang utama yang digunakan untuk mengeker target pada saat pengukuran kemiringan.
  12. Small Sight merupakan lubang ketiga yang digunakan untuk mengeker target pada saat pengukuran kemiringan.
Baca Juga :

Baca Juga
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://perpustakaantambang.blogspot.com/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment